Cara Membuat Septictank Yang Baik

Cara Membuat Septictank Yang Baik

Cara Membuat Septictank Yang Baik – Septictank idaman merupakan septictank yang banyak didambakan oleh banyak orang,artinya septictank atau tempat pembuangan limbah kotoran kita dapat berpungsi dengan baik tanpa menghadapi berbagai masalah misal mampet,bau atau juga mudah penuh,untuk membuat septictank idaman maka melalui artikel ini kami akan sedikit berbagi cara membuat septictank yang baik mengenai langkah-langkah dalam membuat septictank agar tidak cepat penuh atau terhindar dari wc mampet.

Septictank merupakan tempat pembuangan ahir yang berbentuk persegi panjang atau juga berbentuk bulat yang digunakan untuk tempat penampungan limbah atau kotoran manusia, septictank rumah tangga biasanya terdiri dari dua lobang/tangki beton bulat atau kotak dengan tutup ditempatkan dekat satu sama lain. Mereka dihubungkan dengan pipa.

Untuk memiliki septictank yang baik maka langkah yang perlu kita lakukan dimulai dari saat perencanaan sampai pelaksanaan pembuatan septictank itu sendiri,dan inilah cara  membuat septictank yang baik agar kita bisa terhindar dari masalah septictank penuh dan mampet,diantaranya :

Langkah pertama yaitu:

Tentukan jarak antara Septic tank yang benar ke bangunan minimal 1,5m, sedangkan jarak dari septic tank ke sumur pompa air bersih minimal 10m, dan untuk jarak septic tank ke sumur resapan air hujan setidaknya 5m. Dan juga jangan terlalu di bawah permukaan tanah supaya kotak Septic tank mudah di ketahui,jangan sampai Anda sendiri tidak mengetahui di mana letak Septic tanknya.

Langkah kedua:

Pembuatan Septic tank harus memenuhi standar yang sudah di tentukan. Sudah ada Standar Nasional Indonesia (SNI) mengenai hal ini. Standar ini mencakup sistem, ukuran, dan prosedur pembuatannya.

Dalam SNI, ukuran dimensi septic tank ditetapkan berdasar jumlah penghuni rumah. Untuk rumah dengan lima penghuni, dibutuhkan paling septic tank dengan volume ruang basah 1,2m3, ruang lumpur 0,45m3, dan ruang ambang batas bebas 0,4m3. Kalau dibuat ukuran panjang, lebar, tingginya: 1,6m, 0,8m, dan 1,6m.

Langkah ketiga:

Anda harus tahu mengenai struktur  tanah di lokasi Anda, karena bisa-bisa walaupun tehniknya sudah benar tapi salah penerapan di kondisi tanah yang ada, maka Septic tank Anda tak bisa bertahan lama.
bila struktur tanah ungsur kadar airnya tinggi atau area bekas rawa-rawa dan dataran rendah, Anda harus membuat bak penampung antara bak utama dan resapan di desain jadi satu dan dengan sistem fisik yang kuat serta tertutup rapat agar air di sekitar tidak dapat masuk ke Septic tank.

Langkah keempat

Ini sangat berpengaruh pada saluran WC Anda, usahakan dalam pemasangan clouset lebih tinggi dari permukaan air dalam Septic tank, hal ini bertujuan supaya saluran atau pipanya tidak rawan buntu karena jika di siram akan mampu mendorong kotoran sampai ke bak penampung.

Langkah Terahir ,,,,!!

Untuk mendapatkan septictank yang baik dan terhindar dari berbagai masalah adalah “Perawatan” mikroba pengurai yang ada pada septictank merupakan sesuatu hal yang sangat perlu kita lindungi keberadaanya artinya hindari pemakaian bahan-bahan kimia yang dapat membunuh mikroba pengurai tersebut,karna tanpa adanya mikroba  tersebut maka tidak akan terjadi penguraian pada sampah atau kotoran yang berada di septictank dan akibatnya akan terjadi penumpukan kotoran yang mengakibatkan septictank kita cepat penuh.

Untuk melindungi atau mengembang biakan mikroba pengurai yang mungkin banyak yang mati akibat pemakaian bahan-bahan kimia seperti sabun atau pembersih dan pewangi wc maka diwajibkan untuk secara rutin menambahkan mikroba pengurai starbio plus kedalam wc setiap 4-6 bulan sekali.

cara membuat septictank yang baik

cara membuat septictank yang baik

Itulah mengenai tips membuat septictank yang baik dan benar agar kita terhindar dari berbagai masalah diantaranya wc mampet,septictank penuh atau wc bau,semoga bermanfaat.salam Admin dan selamat beraktifitas semoga tambah sukses.

Silahkan baca juga cara mengatasi septictank yang penuh

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s